Menumbuhkan Perilaku Taat Beribadah Pada Diri Siswa

10 Agustus 2018

Menumbuhkan perilaku taat beribadah pada tatanan kehidupan para siswa SMAN 1 Cipeundeuy bukanlah hal yg gampang. Terlebih anak seusia ini lebih didominasi oleh karakter yg bertolak belakang dengan makna di atas. Mereka  cenderung memperlihatkan arogan, ingin diperhatikan orang, tapi tidak mau memperhatikan orang lain, ingin dihargai orang tapi tidak mau menghargai orang lain.

Mereka cenderung egois, ini menandakan bahwa siapa diri saya. Kita sebagai guru sekaligus orang tua kedua yg senantiasa berhubungan secara langsung, tentu saja tidak bisa membiarkan hal ini terus-menerus. Tapi kita harus mampu mengemas satu aktifitas kegiatan yg berlabel keimanan dan takwa. Mampu merubah watak dan karakter yg kurang baik menjadi lebih baik atau mungkin menjadikan mereka sebagai insan-insan yg bertanggung jawab dan bertakwa kepada tuhan yg Maha Esa. Untuk mewujudkan impian tersebut, dengan bangga SMAN 1 Cipeundeuy mengemas aktifitas keagamaan yg berjenjang dan terprogram dengan matang, inovatif dan insfiratif.

Aktifitas ini dilakukan setiap hari dan melibatkan semua pihak; kepala sekolah, guru, tu, caraka, dan seluruh siswa kls X, XI, dan XII.
Aktifitas yg dimaksud adalah :
1. Sholat dhuha bersama setiap hari
2. Sholat dhuhur berjamaah
3. Sholat asar berjamaah
4. Sholat jumat
5. Pengajian orang tua wali siswa
6. Tahfidz quran.
Hasilnya luar biasa ada siswa yg sudah hafal surat yasin, surat waqiah, surat ar-rohman, surat al mulk, bahkan ada yg sudah hafal 3 atau 4 surat.

Semua yg kami lakukan tentu saja berdasar kepada Al-Quran surat Al-Imron ayat 159,
"Maka disebabkan rahmat Allah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampunan bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusa itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yg bertawakal".

Al-Quran surat An-Nahl ayat 125,
"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yg baik dan bantahlah mereka dengan cara yg baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yg lebih mengetahui tentang siapa yg tersesat dari jalan-Nya dan dialah yg lebih mengetahui orang-orang yg mendapat petunjuk".

Untuk mendukung dan meningkatkan program tersebut SMAN 1 Cipeundeuy berencana membangun mesjid tiga lantai. Lantai pertama akan digunakan untuk sholat laki-laki, lantai dua untuk sholat perempuan, dan lantai tiga untuk seminar dan aktifitas serupa. 

Oleh : Drs. Hendayana ( Guru PAI / Pembinan OSIS)